BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan, informasi dapat diperoleh dari sistem informasi. Pesatnya perkembangan informasi menuntut suatu instansi untuk melakukan perubahan dalam suatu sistem yang ada, karena masalah yang dihadapi pun semakin berkembang. Oleh karena itu, merupakan suatu tuntutan bagi setiap kampus untuk meningkatkan kualitas kampus tersebut, salah satunya adalah dengan mengembangkan sistem informasi akademiknya, karena dengan sistem informasi akademik yang baik maka proses pengolahan data dan pelayanan terhadap mahasiswa juga bisa meningkat, sehingga hal itu bisa menjadi daya jual yang tinggi bagi kampus tersebut.
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi pihak manajemen IAIN Ponorogo sebagai pusat kajian dan pengembangan ilmu keislaman yang unggul dalam rangka mewujudkan masyarakat madani. IAIN Ponorogo memiliki tujuan yaitu menghasilkan Sarjana dan Pascasarjana di bidang ilmu-ilmu keislaman yang unggul dalam kajian materi dan penelitian dengan tujuan untuk memberikan akses pendidikan tinggi keislaman kepada masyarakat. Dengan tata kelola yang baik dan menyiapkan human resources yang terdidik sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas.
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi pihak manajemen Sistem Informasi juga sudah mulai digunakan dan diadaptasikan oleh beberapa universitas dan institut, begitu juga IAIN Ponorogo. IAIN Ponorogo memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). SIAKAD bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga IAIN Ponorogo dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan lebih efisien kepada seluruh civitas akademika sebagai pengguna dari sistem tersebut.
1.2 Tujuan
Tujuan dari pengembangan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo ini adalah:
- Memudahkan dalam proses pelayanan informasi mahasiswa dan dosen.
- Memudahkan dalam proses penyelenggaraan pendidikan.
- Memudahkan dalam proses pengelolaan keuangan mahasiswa.
- Memudahkan dalam proses pengolahan data mahasiswa dan dosen.
1.3 Ruang Lingkup
Adapun ruang lingkup pada pengembangan aplikasi Website Sistem Informasi Akademik IAIN Ponorogo ini adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan Persiapan
Kegiatan persiapan mencakup kegiatan untuk memenuhi persyaratan administrasi maupun teknis, baik di pihak pemberi pekerjaan maupun pihak pelaksana pekerjaan. Di pihak yang akan melaksanakan pekerjaan kegiatan persiapan meliputi persiapan administrasi/teknis untuk melakukan survei dan pengumpulan data, antara lain persiapan surat pengantar survey, penentuan lokasi/objek survei dan metode yang akan digunakan, jadwal survei, jenis dan bentuk data/informasi yang dibutuhkan dan sebagainya. Kegiatan persiapan dilaporkan kepada pengguna jasa dalam bentuk laporan pendahuluan. Sedangkan di pihak pemberi pekerjaan kegiatan persiapan meliputi persiapan administrasi/teknis antara lain penyusunan kerangka acuan kerja, proses penetapan pelaksana pekerjaan dan sebagainya.
2. Kegiatan penyusunan laporan pendahuluan
Laporan pendahuluan yang kami susun membahas mengenai latar belakang, tujuan, sasaran, ruang lingkup pengembangan aplikasi dan perancangan aplikasi website PMB dan e-Registrasi IAIN Ponorogo, hasil pekerjaan, serta pelaksana pekerjaan. Laporan pendahuluan menjadi pegangan untuk melalui tahapan pekerjaan selanjutnya.
3. Kegiatan survei dan pengumpulan data
Kegiatan survei dan pengumpulan data, penyimpanan data dan update data dilakukan dengan tujuan untuk:
a. Mengumpulkan data primer kebutuhan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo.
b. Menyediakan informasi mengenai data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar/dosen, serta administrasi fakultas/jurusan.
4. Kegiatan pembuatan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo
Kegiatan Pembuatan Aplikasi Website SIAKAD IAIN Ponorogo di lakukan dengan melakukan beberapa tahapan seperti perencanaan, desain, pemrograman, uji coba, dan pemeliharaan (maintenance).
5. Kegiatan penyusunan laporan pengembangan aplikasi website tahap akhir
Laporan pengembangan aplikasi website tahap akhir kami susun membahas mengenai latar belakang, tujuan, sasaran, ruang lingkup pengembangan aplikasi dan perancangan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo, hasil pekerjaan, serta pelaksana pekerjaan. Laporan tahap akhir ini akan menjadi pegangan untuk melalui tahapan pekerjaan selanjutnya.
6. Kegiatan User Acceptance Testing (UAT)
Laporan pengembangan aplikasi website tahap akhir kami susun membahas mengenai latar belakang, tujuan, sasaran, ruang lingkup pengembangan aplikasi dan perancangan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo, hasil pekerjaan, serta pelaksana pekerjaan. Laporan tahap akhir ini akan menjadi pegangan untuk melalui tahapan pekerjaan selanjutnya. implementasikan tersebut akan memberi solusi, memenuhi harapan pengguna (IAIN Ponorogo), dan bekerja seperti yang diharapkan serta meyakinkan user atau pengguna aplikasi tersebut apakah sistem bisa diterima dengan baik atau tidak.
7. Kegiatan penyusunan laporan akhir
Kegiatan penyusunan laporan akhir pengembangan aplikasi website SIAKAD IAIN Ponorogo merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan penyusunan aplikasi SIAKAD IAIN Ponorogo. Laporan ini disusun berdasarkan pengembangan yang sudah dilakukan berdasarkan laporan tahap akhir, serta melampirkan dokumen UAT yang telah dilaksanakan.
1.4 Lokasi Pekerjaan
Lokasi pekerjaan di Sekretariat Panitia PMB dan e-Registrasi IAIN Ponorogo yang beralamat di Kampus 1 IAIN Ponorogo, Jl. Pramuka 156 Ponorogo, Ronowijayan, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.